FOKUS

15 Kades di Sigi Yang Diberhentikan Diberikan Waktu 60 Hari

SIGI – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sigi Anwar, S.Sos, MM, mengatakan, pihaknya bakal menarik sanksi pemberhentian bagi 15 Kades, jika proses pelaporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa segera diselesaikan dalam waktu 60 hari.

Waktu yang diberikan ini kata dia cukup panjang dan diharapkan bisa terselesaikan sesegera mungkin.

“Jika tidak dilaksanakan, maka akan dilakukan pemberhentian dari jabatan kepala desa secara utuh, ” kata Anwar disela kegiatan sosialisasi penyaluran dana desa do Aula Kantor Bupati Sigi, Selasa (18/4/2017).

Astaga, 15 Kades di Sigi Diberhentikan

Dia menjelaskan, surat pemberhentian sementara ini sudah berdasarkan mekanisme yang ada. Dalam ketentuan pasal 9 huruf (a) peraturan menteri dalam negeri nomor 82 tahun 2015 menyebutkan bahwa kepala desa dapat diberhentikan sementara oleh Bupati karena tidak melaksanakan kewajibannya sebagai kepala desa. Salah satu kewajiban itulah salah satunya adalah menyangkut pertanggungjawaban dana desa di tahun 2016.
“Surat pemberhentian sementara sudah kami keluarkan kemarin, (Senin, 17/4/2017). Ini adalah sanksi tegas agar kedepan para kades bisa tertib dalam pelaporan penggunaan dana desa, jangka waktunya 60 hari kedepan sudah harus diselesaikan, ” tegasnya.

Adapun Kades yang diberhentikan sementara adalah, Kades Baluase Ridwan, Kades Salua Yohanis Romang, Kades Watunonju Suaib, Kades Sunju Amir Muse, Kades Tinggede Selatan Ihlas, Kades Panasibaja Enar dan Kades Balane Sukirman.

Selanjutnya, Kades Uwemanje Zakaria, Kades Sibowi Ilham, SE, Kades Sibalaya Barat Fauzi, Kades Tuva Bahtiar, Kades Sintuwu Abidin, Kades Tangkulowi Kristison Towimba Kades Poleroa Makuhi, Karter Kuna dan Kades Tomua, Kornelius Gaspar Ussu. (Ardy/***)

Most Popular

To Top
Shares