BMKG; Angin Kencang di Parigi Moutong Akibat Badai Gusty. Satu Korban Dalam Keadaan Kritis

  • Whatsapp

Parimo, Rakyatsulteng – Badan meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan angin kencang yang terjadi di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Minggu (14/2) yang menyebabkan belasan rumah rusak akibat badai gusty.

“Cuaca ekstrim di Parigi Moutong dipengaruhi badai gusty yang berasal dari awan konvektif,” kata Pejabat BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Sis Al-Jufri Palu Affan N Dihasya yang dihubungi, dari Parigi, Senin.

Bacaan Lainnya

BMKG menjelaskan, fenomena alam ini terjadi akibat pertumbuhan awan konvektif secara masif membuat cuaca menjadi ekstrim hingga berujung menjadi badai.

Dimana, kondisi atmosfer dengan adanya gumpalan massa udara dan belokan angin memperlambat massa udara meningkat, sehingga dapat berpotensi membuahkan awan konvektif menyebabkan hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

“Badai ini punya kemiripan dengan puting beliung identik bentuknya seperti sekrup,” ujar Affan yang juga Wakil Manajemen Mutu (WMM) terkait Quality Control di Operasional BMKG Stament Mutiara Palu.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Parigi Moutong Ariesto menjelaskan, angin kencang yang melanda sejumlah wilayah kabupaten tersebut mengakibatkan 19 rumah di lima kecamatan di kabupaten itu rusak.

“Wilayah terdampak yakni Desa Parigipuu, Kecamatan Parigi Barat, Desa Paningka, Kecamatan Kasimbar, Desa Khatulistiwa, Kecamatan Tinombo Selatan, Desa Tinombo, Kecamatan Tinombo dan Desa Eeya, Kecamatan Palasa,” kata Ariesto menuturkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.