Daerah

Bupati Sigi Imbau Kades Transparan Kelola Dana Desa

 Libatkan masyarakat dalam program pembangunan serta fungsikan bendahara desa

SIGI,- Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta kembali mengimbau kepada para kepala desa (kades) yang ada di Kabupaten Sigi agar transparan dalam pengelolan dana desa, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN. Hal ini dimaksudkan untuk lebih optimalnya pengawasan di masyarakat.
Menurut bupati, transparansi dalam pengelolaan dana desa sangatlah penting dilakukan guna menghidari potensi penyimpangan yang dapat merugikan masyarakat serta keuangan negara.
” Kami menghimbau agar para kepala desa transparan dalam mengelola dana desa. Libatkan semua masyarakat dalam program pembangunan desa, fungsikan bendahara desa supaya tidak ada lagi persoalan yang berdampak hukum,” kata bupati di acara pelantikan Camat Kulawi Selatan Kamis 31/8/17.
Untuk terus mendorong penggunaan dana desa yang efektif dan efesien, bupati katakan, akan lebih mengoptimalkan pengawasan. Untuk itu Bupati akan melakukan rapat khusus dengan tim inspektorat. Bupati pun berharap inspektorat yang baru dilantik ini bisa lebih maksimal dari sebelumnya.
Bupati juga tuturkan, pengawasan inspektorat sebelumnya dinilai lemah, terbukti dari beberapa hasil audit tidak sesuai dengan fakta dilapangan. Dicontohkan, pernah bangunan fisik yang dianggarkan melalui dana desa, dirampungkan setelah ditemukan lewat laporan masyarakat. Padahal, awalnya bangunan ini tidak menjadi temuan oleh inspektorat Sigi.
” Kira-kira jika ini tidak ditemukan dan dilaporkan oleh masyarakat kepada kami, mungkin tidak akan dirampungkan. Kalau sudah seperti ini tentu masyarakat yang rugi, akibat lemahnya pengawasan,” ungkap bupati.
Ia berharap dengan pengawasan yang dilakan secara efektif kedepan ini, pembangunan di desa bisa berjalan lebih baik lagi sehingga apa yamg menjadi tujuan pemerintah dalam menggelontorkan dana desa ini bisa terwujud untuk kesejahteraan masyarakat.
Bupati juga tuturkan, kades adalah merupakan ujung tombak pemerintah daerah dalam menjalanka roda pembangunan, karenanya diperlukan koordinasi yang baik, baik itu kepada atasan maupun kepada masyarakatnya. Bupati inginkan, tidak ada jarak antara pemerintah dan masyarakatnya. (Ardi)

Paling kereennn..

Rakyatsulteng.com adalah media online milik PT. Media Sinergi Nusantara. Kehadirannya bukan hanya sekedar menyampaikan informasi sesuai dengan prinsip jurnalistik, lebih dari itu, berusaha membangun dan merawat kebersamaan untuk kehidupan yang lebih baik.
To Top
Shares