HeadlineKESEHATAN

Cara agar Anak Tumbuh Jadi Orang yang Berempati

Jakarta – Ayah dan Bunda yang memiliki anak dengan Down Syndromesejatinya tak perlu berkecil hati. Ingatlah bahwa anak merupakan anugerah sekaligus amanah yang Tuhan berikan. Lantas, apa yang harus orang tua lakukan selama membesarkan anak berkebutuhan khusus?

Dilansir Parents, sebuah studi yang dirilis American Journal of Medical Geneticsmengungkap adanya dampak positif dari Down Syndrome dalam kehidupan keluarga. Fakta yang menyejukkan ya, Bun.

Studi tersebut memaparkan, 79 persen orang tua mengaku bahwa pandangan hidup mereka lebih positif lantaran memiliki anak dengan Down syndrome. Tercatat juga 94 persen saudara kandung merasa bangga pada saudaranya yang berkebutuhan khusus.

Sementara itu, 99 persen penyandang Down Syndrome mengaku bahagia dengan kehidupannya. Ya, meski cenderung mengalami gangguan kesehatan, harapan hidup mereka kian meningkat seiring kemajuan dunia medis.

Jadi, nggak ada alasan bagi Ayah dan Bunda merasa minder jika memiliki anak dengan Down syndrome. Berikut lima hal yang seharusnya dilakukan orang tua sepanjang membesarkan anak berkebutuhan khsuus

1. Pelajari faktanya

Selama ini, banyak sekali kekeliruan informasi tentang Down Syndrome . Penulis Understanding a Down Syndrome Diagnosis, Stephanie Meredith, menegaskan bahwa informasi yang banyak beredar saat ini sudah usang. Padahal orang tua harus tahu, tidak sedikit fakta positif tentang anak berkebutuhan khusus.

“Sejak masyarakat mulai terbuka dan perhatian terhadap anak-anak dengan Down Syndrome, harapan hidup mereka meningkat dua kali lipat, dan makin banyak dari mereka yang lulus sekolah menengah, mengikuti kuliah program khusus, dan hidup mandiri,” tutur Stephanie.

2. Komunikasi dengan orang tua lain

Banyak komunitas lokal yang menjadi wadah bagi para orang tua yang memiliki anak dengan Down Sydrome  Komunitas tersebut sebagai tempat para orang tua bertukar informasi tentang berbagai hal terkait tumbuh kembang buah hati mereka.

3. Dapatkan informasi yang relevan

Meski informasi mengalir dari komunitas, orang tua juga harus bisa memilah informasi yang relevan. Untuk itu, anak berkebutuhan khusus tetap perlu melakukan konsultasi reguler ke dokter spesialis, terapis, dan pengajar khusus.

4. Pilih dokter spesialis dan terapis

Pastikan ya, Ayah dan Bunda memilih dokter tumbuh kembang anak dengan spesialisasi . Direktur Klinik Rumah Sakit Anak Philadelphia, Mary Pipan, MD, mangatakan kalau dokter anak umum tidak memiliki pengalaman luas tentang Down syndrome.

“Sedangkan dokter yang sering bertemu dengan anak berkebutuhan khusus memiliki pengetahuan untuk mengevaluasi apa saja yang perlu ditangani spesifik, dan paham bagaimana harus mengevaluasi berbagai diagnosis,” tegas Mary.

5. Libatkan lingkungan sekitar

Salah satu kebahagiaan dalam membesarkan anak dengan Down syndrome adalah saat berbagi prestasi yang diraih sang buah hati. Banyak anggota keluarga dan teman-teman yang kerap memberi dukungan, dorongan, dan turut gembira saat anak Anda sukses melakukan hal-hal baru.

:Sumber : detik.com 
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close