Dipertanyakan Walikota Hidayat, Bawaslu Palu Jelaskan Pemanggilan Sejumlah OPD

  • Whatsapp

Palu, rakyatsulteng – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palu menjelaskan tentang pemanggilan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota yang dipertanyaakan Walikota Palu Drs. Hidayat, M.Si.

Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Sengketa (Hpps), Fadlan mengatakan berdasarkan pasal 71 ayat 3 nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota dilarang menggunakan kewenangan program dalam waktu enam bulan sebelum ditetapkan sebagai bakal calon.

Bacaan Lainnya

“Jelas pemanggilan itu, dimedia sosial kan sudah beredar sekaitan dengan kegiatan Kemensos memberikan dana santunan. Terus kalau kami tidak menindaki, bola panasnya kan ke Bawaslu,” ungkapnya, Jumat (25/9/2020).

Dijelaskan Fadlan, berkaitan dengan bagi-bagi beras yang mungkin dilakukan Pasangan Calon (Paslon) lain, sebelum tanggal 23 September kemarin Bawaslu belum bisa berbuat apa-apa.

Baca: Diduga Politisasi Bansos, Bawaslu Minta Keterangan Dari Tiga Kadis

“Tetapi coba empat paslon ini ditanggal tanggal 23 kemarin setelah penetapan bagibagi beras atau dalam bentuk apa, kami pasti menindaki kalau sumbernya ada dua, apakah temuan atau laporan,” jelasnya.

Kemudian, kata Fadlan pemanggilan tiga OPD kemarin baru sebatas permintaan keterangan serta melakukan pencegahan bukan melakukan penindakan.

Baca: OPD Yang di Panggil Bawaslu Palu Dipertanyakan Hidayat

Selain itu, pemanggilan tiga OPD tersebut adalah laporan dari masyarakat dan jika tidak ditindaklanjuti akan menjadi pertanyaan. Sehingga Bawaslu memanggil pihak terkait untuk dimintai keterangan.

“Kalau beliau belum paham, jadi saya sampaikan. Itukan bunyi undang-undang bukan kata saya. inikan dugaan sehingga terjadi pemanggilan,” pungkasnya.

Penulis: Rian Afdhal Hidayat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.