EkoBis

Dirjen PKT : Lahan Bulupountu Sigi Surga Pertanian

 

SIGI,- Wilayah Bulu Pountu Jaya Sidera yang didorong oleh Pemerintah Kabupaten Sigi sebagai salah satu Kawasan Unit Pemukiman Transmigrasi di Kabupaten pemekaran Donggala ini diresfon baik oleh Direktur Jendral (Dirjen) Pengembangan Kawasan Transmigrasi, H.M. Nurdin.

Menurut Nurdin, Bulupontu adalah “Surga”. Kata dia, wilayah yang sedikit berbukit dan berlembah biasanya sangat subur seperti yang pernah dikunjungi kementrian di wilayah Nusa Tenggara Barat sebelumnya.

“ Lahan ini “sorga” pertanian pak, lahan ini sama yang dikunjungi menteri di Nusa Tenggara Barat. Biasanya tanah yang berada diperbukitan dan dilembah seperti ini adalah tanahnya bagus,” Kata Nurdin Takjub saat berkunjungan di Bulu Pountu Rabu (24/5/2017).

Terkait percepatan terbangunnya wilayah ini (bulu pountu-red) sebagai kawasan unit pemukiman transmigrasi, Nurdin, menyarankan agar badan pengelola kawasan ini sebaiknya tidak dari birokrasi sebab kata dia, proses pembangunannya bisa terlambat.

“Saya menyarankan agar badan pengelola kawasan ini tidak dari birokrat, harus diambil dari orang-orang yang professional. Birokrat cukup hanya sebagai supporting saja,” sarannya.

Sementara Bupati Sigi, Mohammad Irwan dikesempatan ini menyampaikan, luas areal yang akan ditetapkan sebagai kawasan transmigrasi di Bulu Pountu sekira 10 h dan telah mendapat sinyal bahwa mendapat kucuran dana sekira 5M dari pemerintah pusat untuk pengembang kawasan ini.

Dengan terbukanya sejumlah kawasan transmigrasi di wilayah Sigi ini akan lebih membuka dan menubuhkan ekonomi baru. Olehnya Bupati berharap, kunjungan Dirjen PKTans mewakili mentri ini bisa membawa angin segar bagi percepatan pembangunan di daerah ini.

“Harapan kami dengan kedatangan pak Dirjen ini, semoga kawasan yang sedang akan kami bangun ini dapat terlaksana dengan segera sehingga perputaran ekonomi juga semakin bergerak dan lebih maju,” harapnya.(Ardi)

Paling kereennn..

Rakyatsulteng.com adalah media online milik PT. Media Sinergi Nusantara. Kehadirannya bukan hanya sekedar menyampaikan informasi sesuai dengan prinsip jurnalistik, lebih dari itu, berusaha membangun dan merawat kebersamaan untuk kehidupan yang lebih baik.
To Top
Shares