Daerah

Eksekusi Tanjungsari Batal Demi Hukum, Warga Luwuk Bersorak Alhamdulilah

Pengadilan Negeri Luwuk, Kabupaten Banggai, menyatakan bahwa eksekusi lahan pemukiman warga Tanjungsari, Kelurahan Karaton, batal secara hukum. (Foto:Transsulawesi)

BANGGAI – Pengadilan Negeri (PN) Luwuk , Kabupaten Banggai, menyatakan bahwa eksekusi lahan pemukiman warga Tanjungsari, Kelurahan Karaton, batal secara hukum. Hal tersebut sebagaimana dengan lahirnya surat yang menyatakan bahwa Ekseskusi sebelumnya Nomor 02/BA.Eks.Pdt.G/1996/PN Luwuk, dan Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Luwuk Nomor 02/Pen.Pdt.G/1996/PN Luwuk dinyatakan batal secara hukum.

Humas PN Luwuk Abdurahman pada acara jumpa pers digedung PN Luwuk Kelas II Kabupaten Banggai, Selasa (24/7/2018), membacakan keputusan pengadilan negeri Luwuk didepan puluhan warga Tanjungsari dan sejumlah awak media. Abdurahman mengatakan bahwa keputusan baru dari pengadilan ini merupakan keputusan yang membatalkan keputusan sebelumnya terkait eksekusi Tanjungsari.

Abdurahman juga menyoroti bahwa banyak orang-orang yang bukan berperkara dilibatkan dalam proses eksekusi lahan Tanjungsari silam. Sehingga menurutnya, perlu dilakukan jumpa pers untuk memperjelas kedudukan hokum saat ini.

“penggusuran banyak melibatkan orang-orang diluar yang berperkara, sehingga perlu kita lakukan jumpa pers seperti ini” Ujar Humas PN Luwuk.

Saat pembacaan keputusan tersebut, warga Tanjungsari sontak bersorak alhmadulilah. Karena mereka menganggap bahwa putusan tersebut merupakan harapan baru untuk mereka.

“saya sangat bangga atas  penetapan dan putusan hari ini (24/7) bahwa hukum masih berpihak pada kami ( rakyat),” Ujar Kiky salah satu aktivis yang setia menemani warga Tanjungsari.

Ia tak bisa menyembunyikan wajah haru dan gembiranya setelah mendengar dan membaca putusan PN Luwuk tersebut. Karena menurutnya warga Tanjungsari berjuang memilih untuk bertahan dengan tenda-tenda darurat warga paska di eksekusi berbulan-bulan.

Berikut dua point dari putusan dari Pengadilan Negeri Luwuk:

1. Menyatakan penetapan Ketua Pengadilan Negeri Luwuk Nomor 02/Pen.PdtG/1996/PN.Luwuk, tanggal 27 April 2017 sebagaimana telah dilaksanakan berdasarkan Berita Acara Ekseskusi Nomor 02/BA.Eks.Pdt.G/1996/PN Luwuk, tanggal 3 Mei 2017 dan Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Luwuk Nomor 02/Pen.Pdt.G/1996/PN Luwuk, tanggal 3 Januari 2018 sebagaimana telah dilaksanakan berdasarakan Berita Acara Eksekusi Nomor 02/BA.Eks.Pdt.G/1996/PN Luwuk, tanggal 19 Maret 2018, beserta segala akibat hukumnya adalah batal.

2. Memerintahkan kepada JURUSITA/JURUSITA PENGGANTI Pengadilan Negeri Luwuk atau jika berhalangan oleh wakilnya yang sah untuk segera memberitahukan penetapan ini kepada pihak dalam perkara Nomor 02/Pdt.G/1996/PN, Luwuk tersebut.

 

Sumber : transsulawesi.com

Paling kereennn..

Rakyatsulteng.com adalah media online milik PT. Media Sinergi Nusantara. Kehadirannya bukan hanya sekedar menyampaikan informasi sesuai dengan prinsip jurnalistik, lebih dari itu, berusaha membangun dan merawat kebersamaan untuk kehidupan yang lebih baik.
To Top
Shares