Politik

Gubernur Longki Minta Perjalanan Dinas Diefisienkan

PALU – Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si peringatkan pimpinan OPD yang sudah over perjalanan dinas. Dikarenakan sejumlah OPD mengajukan pergeseran anggaran dalam jumlah besar jelang akhir Triwulan Satu.

Longki telah mewanti-wanti supaya pos perjalanan dinas diefisienkan dan bisa dipilah mana yang paling prioritas. “Tidak boleh diladeni, (jatah perjalanan) yang sudah ada, sudah itu patokannya”. Ujar Longki di Kantor Gubernur, Senin (16/4).

Dari laporan yang disampaikan Karo Administrasi Pembangunan dan SDA, Sisliandy, S.STP, M.Si, dari target realisasi APBD per bulan maret yaitu 17 persen, hanya mampu direalisasi 9,82 persen.  Akibatnya terjadi deviasi -7,18 persen.

Dilihat dari grade realisasi capaian anggaran perangkat daerah, hanya 1 OPD yang berhasil mencapai grade biru atau realisasinya lebih dari target 17 persen. Lainnya, karo uraikan ada 9 OPD berada di grade hijau, 25 OPD di grade kuning dan 15  OPD di grade merah alias yang terbawah.

Sedang anggaran kas belanja langsung TW I yang berhasil terealisasi sebanyak 23,6 persen dari total RAK (Realisasi Anggaran Kas). Perputaran UP (Uang Persediaan) lanjut Karo, belum maksimal karena masih ada keterlambatan dalam penyusunan dan penyampaian laporan dari OPD.

Untuk lelang pengadaan barang dan jasa, dari total 287 paket, yang dikonfirmasi selesai oleh Karo baru 59 paket, 76 dalam proses dan sisanya belum.

Gubernur memaklumi bahwa pergeseran beberapa pejabat struktural baru-baru ini turut mempengaruhi hasil itu. Olehnya tiap OPD diimbau melakukan penyesuaian supaya tidak ada kegiatan yang molor dan penyerapan di bawah target.

“Saya minta perhatian betul-betul pimpinan OPD agar lebih serius, tidak boleh lagi ada alasan-alasan,” ujarnya.

Tingginya deviasi bulan Maret, diharap gubernur cepat dievaluasi agar tidak terulang sebab semakin besar kekurangan maka semakin sulit mengejar realisasi. Terlebih lagi target realisasi April mencapai 27 persen.

(MHR/transsulawesi.com)

Paling kereennn..

Rakyatsulteng.com adalah media online milik PT. Media Sinergi Nusantara. Kehadirannya bukan hanya sekedar menyampaikan informasi sesuai dengan prinsip jurnalistik, lebih dari itu, berusaha membangun dan merawat kebersamaan untuk kehidupan yang lebih baik.
To Top
Shares