Jelang Debat Cawalkot, KPU Kota Palu Putuskan Ini

  • Whatsapp

Palu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu memutuskan, yang bisa menghadiri ‘Debat Publik’ pada Hari Selasa (27/10) besok, selain Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Palu, diperbolehkan juga membawa empat tim kampanye.

Hal tersebut berdasarkan PKPU nomor 13 tahun 2020. Mengingat pelaksanaan debat tersebut dilakukan ditengah pandemi covid-19.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid mengatakan tidak diperbolehkan membawa Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) saat pelaksaan debat tersebut.

“Tujuan debat publik ini menyebarluaskan profil visi-misi dan program paslon, sehingga bisa sampai pesan tersebut kepada masyarakat,” ungkapnya usai melakukan simulasi di Hotel Best Western Plus Coco Palu, Senin (26/10/2020).

Selain itu, Agussalim menegaskan tidak diperbolehkan membawa massa ke tempat pelaksaan debat.

“Semua pasangan calon tidak boleh membawa massa saat pelaksaan debat ini, karna itu bisa dikenai sangsi,” jelasnya.

Kata Agussalim, pada debat nantinya akan dilakukan juga live streaming melalui TVRI Palu, RRI Palu dan akun milik KPU agar masyarakat bisa mengakses kegiatan tersebut.

Lebih Lanjut, saat debat tersebut juga KPU tidak menyediakan telekonferensi. Karena, pihaknya telah membuka usulan 7 hari sebelum kegiatan dimulai dan mekanisme debat kandidat itu pula dibagi menjadi 5 segmen.

“Pertama, penajaman visi misi, kedua, memunculkan pertanyaan dari tim pakar, ketiga, pertanyaan antar paslon, keempat, closing statemen,” tuturnya.

Penerapan protokol kesehatan, kata Agussalim mulai dari paslon hingga tamu undangan wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

“Begitu juga masuk di ukur suhu tubuh, membatasi jumlah peserta karna ini sangat jelas di atur dalam PKPU nomor 13 tahun 2020,” pungkasnya.

Penulis: Rian Afdhal Hidayat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.