Olahraga

Jepang, Satu-satunya Wakil Asia Yang Lolos di Piala Dunia

Timnas Jepang berhasil lolos keputaran selanjutnya pada piala dunia Rusia 2018. Walau tumbang 0 – 1 di tangan Polandia pada laga terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Volgograd Arena, Kamis (28/6), namun Samurai Biru tetap lolos ke babak 16 besar.

Koleksi poin Jepang (4) sebetulnya sama dengan Senegal yang di laga lain kalah 0-1 dari Kolombia. Selisih gol kedua tim (0) plus jumlah gol (4) juga identik. Head to head pun imbang (2-2). Maka, kelolosan Jepang ditentukan oleh aspek fair play. Dalam hal ini, Jepang hanya mengoleksi 4 kartu kuning, berbanding 6 milik Senegal.

Ada perubahan yang dilakukan pelatih Akira Nishino dalam susunan awal pemain Jepang. Tak ada nama Yuya Osako di lini serangan, dia digantikan oleh Shinji Okazako dan Yoshinori Muto sebagai duet penyerang dalam formasi 4-4-2. Begitu pun lini tengah, bukannya Shinji Kagawa, melainkan duet Hotaru Yamaguchi dan Gaku Shibasaki.

Di kubu Polandia, pelatih Adam Nawalka tetap setia menggunakan pakem 4-2-3-1 dengan Robert Lewandowski sebagai juru gedor. Namun, ada  perbedaan menyoal tiga pilar yang menopang di belakangnya. Nawalka memasang Rafal Kurzawa, Piotr Zielinski, dan Kamil Grosicki.

Gol Polandia ke gawang Jepang sendiri tercipta pada menit 59. Berawal dari tendangan bebas, Jan Bednarek sukses meneruskan bola ke gawang Eiji Kawashima. Skor jadi 1-0 untuk Polandia.

Usai gol ini, Jepang bermain habis-habisan dan menyerbu pertahanan Polandia. Serangan demi serangan dibangun Samurai Biru. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil. Hingga laga usai, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Polandia.

Jepang: 1-Eiji Kawashima, 22-Maya Yoshida, 20-Tomoaki Makino, 19-Hiroki Sakai, 5-Yuto Nagatomo, 21-Gotoku Sakai, 7-Gaku Shibasaki, 16-Hotaru Yamaguchi, 11-Takashi Usami, 13- Yoshinori Muto, 9-Shinji Okazaki

Polandia: 22-Lukasz Fabianski, 5-Jan Bednarek, 15-Kamil Glik, 3-Artur Jedrzejczyk, 18-Bartosz Bereszynski, 19-Piotr Zielinski, 6-Jacek Góralski, 10-Grzegorz Krychowiak, 21-Rafal Kurzawa, 11 -Kamil Grosicki, 9-Robert Lewandowski

(mhr)

Paling kereennn..

Rakyatsulteng.com adalah media online milik PT. Media Sinergi Nusantara. Kehadirannya bukan hanya sekedar menyampaikan informasi sesuai dengan prinsip jurnalistik, lebih dari itu, berusaha membangun dan merawat kebersamaan untuk kehidupan yang lebih baik.
To Top
Shares