KaKanwil dan Korem 132/Tadulako Sinergi Laksanakan Program Deradikalisasi Narapidana

  • Whatsapp

Palu, rakyatsulteng – Komandan Korem 132/Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf, M. A menerima rombongan KaKanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Wilayah Sulteng, Lilik Sujandi, Bc.I.P., S.I.P., M. Si beserta Staf Kementerian Hukum dan HAM. Selasa (22/07/2020) di Ruang Kehormatan Danrem 132/Tadulako.

Kunjungan Ka Kanwil tersebut didampingi para stafnya dan disambut langsung oleh Komandan Korem 132/Tadulako.

Bacaan Lainnya

Dalam pembicaraan, terlihat keduanya sangat akrab, kedua pimpinan lembaga ini merumuskan kegiatan sinergitas Korem dan Kemenkumham untuk melaksanakan program deradikalisasi bagi para Narapidana.

Saat ini, jajaran Korem dan Kemenkumham sudah bekerjasama dengan baik dalam pengawasan dan pengamanan Lembaga Pemasyarakatan di seluruh Sulteng, sinergitas tersebut akan dilanjutkan dengan program deradikalisasi melalui kehadiran anak anak pramuka ke Lapas dan bertemu langsung dengan para Napi.

Selain itu, anak- anak pramuka dibawah binaan Korem 132/Tdl yang bernaung dalam wadah Saka Wira Kartika dengan didampingi Babinsa akan diterjunkan ke Lapas untuk membina para Napi di bidang kepramukaan, bela negara, anti narkoba dan deradikalisasi, hal ini tentu saja anak-anak Pramuka ini harus di didik dulu dan dibekali secara lebih spesifik oleh anggota Korem sebelum diterjunkan ke Lapas.

Dalam kesempatan berinteraksi dengan para Napi, anak-anak Pramuka Saka Wira Kartika binaan Korem 132/Tdl maupun Kodim – Kodim jajaran Korem 132/Tdl dapat menggunakan kesempatan ini untuk lebih mengenal secara langsung kondisi Lapas dan juga kondisi para Napi sehingga mereka akan mendapatkan pelajaran yang sangat berharga tentang sisi lain kehidupan di Lembaga Pemasyarakatan.

“Sebagai generasi muda, adik – adik Pramuka harus menjadi komponen Bangsa dan masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu dalam mendukung pembangunan di daerah ini,” ungkap Lilik Sujandi.

Kemudian, Danrem dan Kakanwil akan segera mewujudkan program ini secara simultan dan berkesinambungan.

“Dengan kegiatan ini adik-adik pramuka bisa melihat langsung warga binaan di lapas ini dan diharapkan dengan melihat langsung keadaan di lapas adik-adik pramuka tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum, semoga lepas dari kegiatan ini adik-adik dapat menjadi insan yang berahlak mulia, disiplin, mandiri dan terhindar dari pikiran dan kegiatan-kegiatan negatif serta memiliki jiwa kesatria,” pungkasnya.

Penulis: Agnes Sualang
Editor: Rian Afdhal Hidayat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.