Daerah

Kemensos RI Ajak NGO Gabung di Tim Reaksi Cepat

PARIGI – Kementerian Sosial RI (Kemensos) mengajak para Non-Governmental Organization (NGO) atau organisasi non Pemerintah untuk berpartisipasi pada program Tim Reaksi Cepat (TRC). Program ini adalah wujud tanggungjawab untuk membantu masyarakat dalam bidang advokasi data, jaminan kesehatan dan layanan medis bagi lansia.

Salvinia Darmawan petugas TRC Kemensos RI saat berkunjung ke Palu mengatakan, pihaknya telah memberikan bantuan advokasi data kependudukan, jaminan kesehatan dan layanan medis gratis bagi lansia Penderita tumor ganas di Lambunu Utara, Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng, 27 April 2018.

Lansia bernama Kolo tersebut sulit untuk mendapatkan akses pengobatan akibat belum memiliki Kartu BPJS dan jaminan kesehatan lainnya.

“BPJS terhambat karena pihak pak Kolo belum memiliki NIK, KTP dan KK sebagai syarat utama mendapatkan BPJS, ” kata Salvinia Darmawan, petugas TRC Kemensos RI.

Cara kerja TRC adalah untuk mempersingkat birokrasi antara Dinas Sosial, Dinas Kependudukan sipil setempat dalam kepengurusan dokumen yang dimaksud.

” Dalam waktu dua jam, dengan kerjasama Dukcapil Parigi dan pihak lainnya rekomendasi BPJS beserta kartunya pak Kolo keluar, ” jelasnya.

Saat ini ada beberap NGO yang telah bekerjasama dengan TRC Kemensos, salah satunya adalah NGO wecare.id dan relawan Respek_peduli sebagai pelayanan administrasi dan pendampingan.

“Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakt untuk bisa bersinergi secara maksimal membantu permasalahan di sekitar kita, ” tambahnya.

Apa anda ingin masuk dalam bagian TRC ? Ayoo lakukan.

Penulis : Andri Gultom

Paling kereennn..

Rakyatsulteng.com adalah media online milik PT. Media Sinergi Nusantara. Kehadirannya bukan hanya sekedar menyampaikan informasi sesuai dengan prinsip jurnalistik, lebih dari itu, berusaha membangun dan merawat kebersamaan untuk kehidupan yang lebih baik.
To Top
Shares