Humaniora

Mohon doanya, Tokoh Pendiri Sulteng Kembali Kritis

PALU – Tokoh pejuang pembentukan Provinsi Sulawesi Tengah, Theo Tumakaka (80 tahun) kembali dilarikan di RSU Anutapura Palu sejak Selasa (4/) malam lalu. Kondisi tubuhnya kembali kritis karena terserang penyakit konflikasi yang cukup parah. Padahal baru dua pekan lalu keluar dari rumah sakit yang sama menjalani perawatan selama beberapa hari.

Informasi yang diperoleh media ini dari Lucia Tumakaka salah satu putrinya, mengatakan kondisi kesehatan ayahnya semakin melemah. ” Bahkan saat ini dia membutuhkan darah golongan O untuk memulihkan kondisinya, ” kata Lucia, Rabu kemarin.

Mrnurut Nelly Marunduh, istri Theo Tumakaka dalam sebulan terakhir ini kian memburuk. Bahkan selama dalam perawatan di rumah sakit hingga menjalani rawat jalan di rumah, Pak Theo, sapaan akrabnya hanya bisa berbaring.

Theo Tumakaka bagi sebagian generasi muda tidak begitu kenal lagi sosoknya. Padahal sebagai mantan anggota DPRD GR Sulawesi Tengah kali pertama terbentuk tahun 1964, dia memiliki peran besar dalam perjuangan pembentukan provinsi. Ketika masih mahasiswa di Malang akhir dekade 1950-an, Theo Tumakaka menggalang kekuatan bersama mahasiswa asal Sulteng di Jawa melaksanakan Mubes. Tujuannya mendesak dan menuntut pemerintah pusat dan melobi berbagai elemen terkait untuk merealisasikan lahirnya Provinsi Sulteng.

Meskipun banyak tantangan dari berbagai pihak, Theo Tumakaka bersama Rusdi Toana, Ischak Moro, Yahya Ponulele dan puluhan tokoh pemuda waktu itu tak pernah berhenti berjuang. Sebab mendapat dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat yang berada di wilayah cikal bakal Provinsi Sulteng.

Di antara tokoh pejuang itu kelak diangkat sebagai anggota DPRD GR Sulteng yang telah terbentuk. Dari 21 anggota legislatif pertama itu, kini tinggal 4 orang yang masih hidup dan semua dalam kondisi sepuh dan sakit-sakitan. Salah satu di antaranya Theo Tumakaka yang tak lagi berdaya. Dia terlupakan di tengah pesatnya pembangunan yang sedang dinikmati orang-orang yang tinggal merasakan hasil perjuangan para pendahulu.

(REP ; JAMRIN AB)

Paling kereennn..

Rakyatsulteng.com adalah media online milik PT. Media Sinergi Nusantara. Kehadirannya bukan hanya sekedar menyampaikan informasi sesuai dengan prinsip jurnalistik, lebih dari itu, berusaha membangun dan merawat kebersamaan untuk kehidupan yang lebih baik.
To Top
Shares