Iptek

KPK Pantau Penggunaan Anggaran Pendidikan di Sulteng

PALU – Wakil Ketua Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan meminta gubernur dan para bupati serta wali kota mengawasi secara ketat anggaran pendidikan.

Saat ini, kata Basaria, selain pengawasan yang dilakukan badan pemeriksa di masing-masing daerah, kini juga KPK tengah memantau melalui tim Koordinasi dan Supervisi (Korsup) bidang pencegahan telah ditempatkan di Provinsi Sulteng.

Dinas Pendidikan sebagai `leading sector` penyelenggara pendidikan agar lebih berhati-hati mengelola dana tersebut. Sektor pendidikan, papar Basaria, mendapat atensi khusus yang mejadi salah satu program prioritas KPK.

“Anggaran yang paling banyak dikucurkan pemerintah saat ini adalah di bidang pendidikan. Dan yang paling banyak pejabat ditangkap aparat kepolisian, kejaksaan maupun KPK dewasa ini adalah dari Dinas Pendidikan, selain juga di Dinas Pekerjaan Umum,” ungkapnya saat peluncuran Sistem Pelayanan Online Pemprov Sulteng di Gedung Pogombo, Setdaprov Sulteng, Kamis.

Olehnya, kata Basaria, Tim Koorsup yang sudah ditempatkan di daerah khususnya Sulteng agar membuat program dan rencana aksi jika instasni tersebut belum terintegrasi dengan KPK, sebagai bentuk pencegahan penyalagunaan uang negara.

(Mhr)

Most Popular

To Top
Shares