Minta Pilkada Ditunda, Ketwil LMND Sulteng: Keselamatan Rakyat Hal Yang Utama

  • Whatsapp

Palu, rakyatsulteng – Ketua Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND) Wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), Azis menilai penundaan Pilkada harus dilakukan oleh Pemerintah Sulawesi Tengah dalam mencegah penyabaran wabah Covid-19.

Menurutnya, hal itu dilihat dari sikap pemerintah untuk tetap menjalankan proses pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tingkatkan Provinsi serta beberapa Kota/Kabupaten diantaranya: Kota Palu, Kabupaten Poso, Banggai, Tojo Una-una, Banggai Laut, Sigi, Morowali Utara, dan Toli-toli.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, sudah ada 11 orang terkonfirmasi positif covid-19 dan kini dirawat dirumah sakit rujukan kota palu. Hal ini membuktian tindakan Pemerintah mengabaikan kesehatan dan keselamatan publik, karena jika Pilkada pada 9 Desember nanti, pasti akan mengundang kerumunan massa pada saat pemungutan suara,” ungkapnya, Kamis (24/9/2020).

Dia menambahkan, Pilkada yang sebenarnya adalah jalan untuk menciptakan kemakmuran dan mejalankan hak konstitusional masyarakat. Namun realitanya Pemerintah malah menggiring rakyat didepan kematian dengan hanya mengutamakan kepentingan kekuasaan dan desakan segelintir orang saja tanpa melihat masyarakat pada umumnya,” tegasnya.

Menurutnya, tahapan Pilkada dengan protokol kesehatan tidak menjamin mengurangi penyebaran Covid-19, karena akan terjadi kerumunan, baik di waktu kampanye hingga pada tahapan pemungutan suara.

“Saya menegaskan bahwa pemerintah harus menunda pilkada dan benar-benar fokus menangani penyebaran wabah Covid-19, karena sejatinya keselamatan rakyat adalah hal yang utama,” jelasnya.

Penyebaran wabah covid 19 kian hari kian meningkat terkhusus di Sulawesi tengah, dengan di tetapkannya beberapa wilayah yaitu: Palu, Donggala dan Morowali Utara” yang masuk ke dalam zona merah, maka penundaan Pilkada adalah hal sangat perlu di lakukan.

Penulis: Agnes Sualang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.