PARTAI PERINDO

Muctar Sonaru, dari Tukang Jahit, Jadi ASN Donggala kini Caleg DPRD Provinsi Sulteng

Muchtar Sonaru

PALU – Rezeki, jodoh, maut adalah hal yang misteri, semua itu adalah rahasia illahi. Siapa sangka, dulu bocah yang kerap mengayuh mesin jahit dan menjadi buruh serabutan ini ternyata bisa bersaing di Kabupaten Donggala, sebagai PNS teladan. 600 an kilometer dari kampung halamannya di Desa Lamberea, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali.

Selama 22 tahun mengabdi sebagai aparatur negara, Muchtar Sonaru (59) tak pernah cacat ‘hukum’ meski memegang jabatan ‘penggoda’ di bagian keuangan Dinas pekerjaan Umum Donggala.

Terlahir dari keluarga yang sederhana, anak dari seorang buruh perkebunan tidak membuat Muchtar menjadi orang yang hidup tanpa cita-cita. Ia menyelesaikan jenjang pendidikan mulai dari SDN 2 Bungku, dan SMAN Kolonodale.

“Kita memang anak kampung, tapi kita punya tekad untuk tidak menyerah saat dalam kondisi sesulit apapun dalam meraih impian dan cita-cita.” kata Muchtar dengan penuh semangat memulai perbincangan dengan rakyatsulteng.com.

Di tahun 2015, Muchtar meyakinkan diri untuk pensiun dini dari ASN. Bukan untuk menghentikan pengabdiannya, melainkan rindu akan tanah kelahirannya dengan menjadi politisi dari Partai Perindo. Memilih jalur politik sebenarnya hanya untuk mendekat diri ke kampung halamannya.

“Kalau saya di ASN Donggala, dengan sisa usia saya tidak bisa membantu kampung halaman dan daerah saya. Makanya pilih jalur politik agar pengabdian bisa terfokus di daerah kelahiran, ” kata Ketua Pokja Gerobak Perindo Sulteng ini.

Menggunakan jalur politik juga kata dia lebih mudah dalam hal menyelesaikan masalah daerah. Tiga tahun terakhir ia memutuskan untuk kembali ke kampung halaman tercintanya untuk membuat sesuatu yang berarti, yaitu perubahan yang membangun.

Muchtar memiliki perhatian yang besar terhadap masyarakat di Morowali maupun Morowali Utara. Melalui program gerobak Perindo dari Hary Tanoesoedibyo, Muchtar menggerakan ekonomi di daerahnya.

“Saat ini kami telah melakukan penjaringan gerobak dan akan kami salurkan, ” katanya.

Niatan yang dilakukan adalah untuk membuat masyarakatnya bisa lebih produktif dan terbuka wawasannya.

Beberapa bulan belakangan ini, Muchtar mendapatkan dukungan yang kuat oleh orang-orang sekitarnya, terutama keluarganya, untuk maju mencalonkan diri menjadi Legislatif DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dapil V meliputi Morowali, Morowali Utara, Poso dan Tojo Unauna.

“Saya siap maju untuk memberikan kontribusi nyata di kampung halaman tercinta ini,” ucapnya.

Muchtar mengatakan bahwa fokus visinya ini ada 3 tema besar. Yang pertama adalah mendorong prestasi olahraga sehingga bisa melahirkan atlet yang bisa go internasional.

“Yang kedua adalah mendorong peningkatan pendidikan dan memastikan pendidikan bisa merata dan lebih baik lagi, ” katanya.

Sedangkan ketiga, lanjut dia, adalah mendorong peningkatan ekonomi dan mengurangi kesenjangan sosial yang ada di sini melalui program Usaha Mikro Kecil Menengah.

“Jika hal ini kita lakukan dengan fokus dan totalitas, saya percaya ini akan membawa perubahan yang besar nantinya”, pungkas Muchtar dengan penuh optimistis.

Penulis : Andri Gultom

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Paling kereennn..

Rakyatsulteng.com adalah media online milik PT. Media Sinergi Nusantara. Kehadirannya bukan hanya sekedar menyampaikan informasi sesuai dengan prinsip jurnalistik, lebih dari itu, berusaha membangun dan merawat kebersamaan untuk kehidupan yang lebih baik.
To Top
Shares