NASIONALTERBARU

Panwas Desa/Kelurahan Diharapkan Terbentuk Maret 2020

Makassar, rakyatsulteng – Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Bawaslu Abhan mengharapkan, Panitia Pengawas (Panwas) Desa/Kelurahan untuk Pilkada Serentak 2020 sudah terbentuk pada Maret 2020. Dia juga meminta jajaran Bawaslu daerah mulai melakukan perekrutan sejak 10 Februari 2020.

“Forum ini konsentrasi untuk sosialisasi rekrutmen Panwas Desa/Kelurahan. Sesuai rencana, mudah-mudahan tanggal 10 Februari sudah bisa mulai (rekrutmen) lalu awal Maret sudah terbentuk Panwas Desa/Kelurahan di daerah yang menggelar,” ucapnya saat memberikan pengarahan dalam Rakornas Sumber Daya Manusia dalam Rangka Pilkada 2020 di Sulawesi Selatan, Senin (3/2/2020).

Abhan mengungkapkan, perekrutan Panwas Desa/Kelurahan harus segera dibentuk supaya bisa mengawasi pelaksanaan verifikasi pemutakhiran data pemilih (mutarlih) dan verifikasi faktual dukungan jalur perseorangan. Terlebih, sebentar lagi tahapan mutarlih dimulai lantaran Data Pemilih Potensial Pemilu (DP4) telah diterima KPU.

“Karena berat kalau verifikasi dukungan jalur perseorangan tidak dibantu jajaran pengurus Panwas Desa/Kelurahan,” tegas Koordinator Divisi SDM Bawaslu itu.

Adapun Rakornas SDM tersebut melakukan evaluasi terhadap proses rekrutmen Panwascam Pilkada 2020. Lalu terkait penguatan database dari Panwascam serta sosialisasi juknis pembentukan Panwas Desa/Kelurahan. Peserta rapat ini adalah para koordinator divisi SDM Bawaslu Kabupaten/Kota wilayah Indonesia timur yang akan menggelar Pilkada 2020.

Sementara Anggota Fritz Edward Siregar mengingatkan agar dalam melakukan perekrutan yang digawangi divisi SDM untuk melakukannya dengan baik. Dia meminta divisi SDM menjadi pemimpin yang selalu mengingatkan eksistensi Bawaslu melakukan tugas-tugas pengawasan pemilu. Hal ini menurutnya penting agar tidak kehilangan arah.

“Kondisi kita sedang tidak baik, kasus Pak WSE banyak yang mempertanyakan penyelenggraan pemilu. Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu kita tegakan keadilan pemilu. Itu yang kita bawa dan pergunakan dalam melakukan seleksi pengawas Ad hoc (sementara),” pungkas dia.

 

Sumber ; Bawaslu

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close