Pemprov Sulteng Akan Jadikan Desa Dombu Sebagai Sentra Produksi Bawang Putih

  • Whatsapp

Sigi, rakyatsulteng – Pemerintah Provinsi melalui Sekprov, Hidayat Lamakarate mendorong petani Desa Dombu, Kecamatan Marawola Barat, Kabupaten Sigi untuk menjadikan bawang putih sebagai komoditas unggulan baru.

Pasalnya, Daerah tersebut akan menjadi salah satu sentra produksi bawang putih di Indonesia selain Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bacaan Lainnya

Sekprov Hidayat mengatakan, hal ini bisa dikembangkan agar Desa Dombu dan beberapa wilayah di Kabupaten Sigi tidak kesulitan stok bawang putih serta bisa mengimpor hasil bumi.

“Jika dilihat hasil panen ini cukup berkwalitas. Hampir 90 persen bawang putih di indonesia di impor. Saya berharap panen perdana ini bisa dikembangkan,” ungkapnya Selasa (4/8/2020).

Lanjut, kata Hidayat, wilayah Kecamatan Marawola Barat memiliki potensi wisata alam yang sangat menjanjikan seperti Paralayang Matantimali yang sudah dikenal beberapa Negara.

“Semoga para petani diwilayah ini seiring berjalan waktu bisa mandiri tanpa dampingan penyuluh pertanian dan bantuan stimulus pemerintah,” jelasnya.

Terpisah, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultural Kabupaten Sigi, Mulyadi Hoase mengatakan total pengembangan bawang putih sekitar 100 ha dalam bentuk benih.

“Bantuan proyek pengembangan bawang putih ini merupakan sinergi Dinas TPH Provinsi Sulteng,” pungkasnya.

Usai melakukan panen, Sekprov didampingi Kadis TPH serta rombongan meninjau lokasi pengembangan produk kopi dombu.

Editor: Rian Afdhal Hidayat
Sumber: Humas Pemprov Sulteng

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.