Peringati 15 Oktober, PKBI JMK OXFAM Ajari Anak di Donggala Cuci Tangan Sehat

  • Whatsapp
Officer PHP WASH, Ifon didampingi Lead Recovery PKBI JMK OXFAM mengajari anak – anak di Desa Ape Maliko, Kebupaten Donggala cara mencuci tangan yang sehat. FOTO : MEDCOM PKBI JMK OXFAM

Palu, rakyatsulteng – Hari cuci tangan sedunia atau Global Handwashing Day ditetapkan setiap tanggal 15 Oktober. Dikutip dari UNICEF, Hari Cuci Tangan Sedunia ini diprakarsai oleh Global Public Private Partnership for Handwashing With Soap (PPPHW).

Sebagai bentuk aktualisasi dari Hari Cuci Tangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober, maka Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) yang tergabung dalam konsorsium Jejaring Mitra Kemanusiaan (JMK) yang bermitra dengan lembaga donor internasional OXFAM, mengajari anak–anak di Desa Ape Maliko, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) mencuci tangan sehat dengan menggunakan sabun.

Bacaan Lainnya

Lead Recovery PKBI JMK OXFAM, Yospina Liku La’bi turun langsung bersama HR PKBI JMK OXFAM Fajar Joko Santoso, serta Officer PHP WASH Ifon mengajari anak–anak di Desa Ape Maliko cara mencuci tangan bersih dan sehat mengunakan sabun melalui praktek langsung di tandon yang disiapkan PKBI JMK OXFAM.

“Dalam memperingati hari cuci tangan sedunia tahun ini, PKBI JMK OXFAM melakukan praktek langsung dengan mengajari anak–anak cara mencuci tangan yang baik dan sehat. Kebetulan Desa Ape Maliko ini adalah salah satu desa dampingan kita pada program respon bencana yang terjadi 28 September tahun 2018 lalu,” ujar Yospina kepada Tim Medcom PKBI JMK OXFAM di lokasi kegiatan.

Direktur PKBI Sulteng ini berharap, anak–anak yang sudah diajari cara mencuci tangan yang sehat dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari–hari, serta dapat juga mengajarkannya kepada teman–temannya yang lain, sehingga gerakan mencuci tangan ini bisa menjadi kebiasaan dan akhirnya menadi budaya di masyarakat.

Saat ini kata Yospina, dunia tengah dilanda wabah mematikan yakni Corona Virus Disease (Covid-19), sehingga membuat ruang gerak masyarakat menjadi terbatas.

Kata dia, salah satu cara untuk melawan Covid-19 adalah dengan rajin mencuci tangan memakai sabun.

“Dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker dan menjaga jarak atau social distancing dengan orang, maka kita semua akan terjaga dari Covid-19,” terangnya.

Sementara Officer PHP WASH, Ifon pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa hari mencuci tangan sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober, sudah masuk dalam planning PHP WASH dalam program respon bencana Palu, Sigi dan Donggala (PASIGALA).

Officer PHP WASH, Ifon saat mengajari cara mencuci tangan sehat kepada anak – anak di Desa Ape Maliko, Kabupaten Donggala. FOTO : MEDCOM PKBI JMK OXFAM

“Karena Desa Ape Maliko ini adalah salah satu desa dampingan PKBI JMK OXFAM, maka tahun ini kita buat kegiatan di desa ini dengan mengajari anak–anak cara mencuci tangan yang baik dan sehat dengan menggunakan sabun,” jelas Ifon.

Dia juga berharap, gerakan mencuci tangan sehat dengan menggunakan sabun bisa menjadi kebiasaan anak–anak yang telah diajar, serta dapat mengajarkannya lagi ke teman–temannya yang lain, sehingga gerakan mencuci tangan ini bisa menjadi kebiasaan sehari–hari setiap kali selesai menyentuh sesuatu.

“Harapan kita, semoga gerakan mencuci tangan dengan sabun bisa menjadi kebiasaan anak – anak dan masyarakat secara umum,” pungkasnya.***

Editor: Rian Afdhal Hidayat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.