HeadlinePASIGALA BANGKITTERBARU

Prancis Bantu Rp 16 M Untuk Nelayan Terdampak Tsunami

PALU – Bantuan untuk pemulihan pasca bencana di Palu, Sigi , Donggala dan Parimo terus mengalir. Kali ini, Pemerintah Prancis memberikan bantuan Rp 16 Miliar atau 1 Juta Euro untuk penanaman Mangrove dan nelayan terdampak kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Duta Besar Prancis Untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet, Parlemen Prancis Mrs. Anne Genetet dan Gubernur dan Duta besar Prancis, Anghota Parlemen Prancis di Kantor Gubernur Sulteng, Selasa (7/5).

Bantuan ini nantinya melewati lembaga keuangan Prancis AFD , kemudian disalurkan lewat NGO Prancis dan selanjutnya bermitra dengan NGO Indonesia sebagai pelaksana proyek bantuan.

Adapaun jenis bantuannya diantaranya, bantuan pohon Mangrove di sepanjang Pesisir Pantai Teluk Palu, pemberian Perahu dan Peralatan Tangkap Nelayan sebanyak 650 Unit dan pemberdayaan ekonomi masyarakat nelayan.

 

Duta Besar Prancis Jean Charles Berthonnet , menyampaikan rasa bangga datang kembali ke Palu untuk melihat kondisi masyarakat setelah terjadinya bencana gempa bumi, tsunami , likuifaksi di Sulawesi Tengah. Pemerintah Prancis pun kat dia akan memberikan bantuan pemulihan ekonomi masyarat khususnya Nelayan dan Penanaman Mangrove di pesisir Pantai Teluk Palu dengan total bantuan 1 juta Euro dan  sebelumnya Pemerintah Prancis juga memberikan bantuan Air Bersih untuk masyarakat.

 

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si mengucapkan terimakasih atas kunjungan Duta Besar Prancis dan rombongan. Atas nama masyarakat sangat berterimakasih atas perhatian dan Bantuan pemerintah prancis khususnya kepada Masyarakat Nelayan , Penanaman Mangrove dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Nelayan.

 

Pihaknya kata dia, melalui Dinas Perikanan dan Kelautan akan ikut melakukan monitoring bantuan kedepan agar tidak tumpang tindih dengan kegiatan Rencana Aksi yang akan dilakukan Pemerintah.

Longki juga berharap agar Pemerintah Prancis ikut membantu Perumahan kepada Masyarakat Nelayan, “

” Saat ini Pemerintah Prancis sudah memberikan bantuan Pemberdayaan Ekonomi kepada Masyarakat Nelayan kedepan kita harap dapat memberikan bantuan Perumahan Kepada Nelayan ” kata Longki. RIU

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close