Inspirasi

Preman Insaf Jadi Kades dengan Modal Rp 20 Ribu

Zainudin sebelah kiri bersama Direktur PT. Media Sinergi Nusantara Andri Gultom saat berkunjung di Tolitoli.

Tolitoli – Nasib memang tidak akan tertukar, begitulah yang didapatkan oleh Zainudin alias Sarkodes di desa Sandana, Kabupaten Tolitoli. Ia berhasil menjadi Kepala desa Sandana dengan modal Rp 20 ribu.

Dia bercerita, sebenarnya bercita-cita untuk jadi kepala desa tidak terpikirkan darinya. Namun desakan masyarakat setempat memintanya untuk maju sebagai calon kepala desa 2013, saat itu lawan politiknya adalah incumbent Rahman dan tokoh masyarakat setempat Sudirman.

“Saya tidak punya uang untuk maju. Tapi masyarakat minta saya untuk maju dengan membiayai semua kepengurusan administrasi sebagai calon kepala desa, ” kata Zainudin di kediamannya, Sabtu 12 Mei 2018.

Saat Pilkades itu, ia tidak menyangka bisa meraup suara 500 lebih dari 1000an suara sah masyarakat. Ia berhasil menumbangkan incumben dan dan tokoh yang masyarakat setempat.

Sarkodes adalah bos preman di Kota Palu dan di desanya. Dia sempat memegang keamanan di Pasar Masomba, Kota Palu. Untuk kegiatan sosial, menurutnya dia sering terlibat membantu mengangkat rumah warga yang kebanyakan adalah rumah panggung.

” Saya tidak pernah absen dan selalu arahkan preman dan anak muda untuk bantu. Alhamdulilah, banyak juga para preman yang sudah insaf dari arahan saya, ” jelasnya.

Diujung pengabdiannya, dia hanya berharap agar apa yang ia lakukan bisa dikenang oleh rakyat dan daerah.

“Saya hanya ingin mengabdi dan kemarin di Jakarta berhasil mendapat lima besar kategori pengelolaan dana desa seluruh Indonesia, ” tutupnya.

Penulis : Andri Gultom.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Paling kereennn..

Rakyatsulteng.com adalah media online milik PT. Media Sinergi Nusantara. Kehadirannya bukan hanya sekedar menyampaikan informasi sesuai dengan prinsip jurnalistik, lebih dari itu, berusaha membangun dan merawat kebersamaan untuk kehidupan yang lebih baik.
To Top
Shares