Inspirasi

Semangat HUT RI Ke 71 di Desa Kalukunangka

MAMUJU UTARA, RAKYATSULTENG.com – Berbeda dengan tahun sebelumnya, Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI biasanya hanya dirayakan secara bersama-sama di Lapangan Merdeka Pasangkayu ibu kota Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat.

Namun kali ini, Hut ke 71 Proklamasi RI juga telah bergema dan dirayakan di desa-desa. Seperti halnya di Desa Kalukunangka, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Matra. Pemerintah desa dan seluruh lapisan masyarakatnya merayakan HUT ke 71 Proklamasi RI di Lapangan Sepak Bola desa setempat Rabu (17/8).

Dalam perayaan tersebut Kades Kalukunangka, Nurdin M, bertindak sebagai Inspektur Upacara , Brigpol M Ruslan sebagai Komandan Upacara, pembaca teks UUD 1946 Ketua BPD dan pembaca Doa Imam Masjid Kaluku Nangka Dua Amiruddin.

Perayaan HUT ini dihadiri oleh seluruh perangkat desa, dari RT, Kaur, hingga pada para anggota BPD. Bahkan para Guru, serta para pelajar SD/SMP se- Desa Kaluku Nangka.

Tak ketinggalan juga para kelompok Tani, kelompok Remaja dan masyarakat lainnya hingga para mahasiswa KKN Universitas Hasanuddin Makassar juga ikut menyemangatkan kegiatan tersebut.

Perayaan ini juga dimeriahkan oleh berbagai macam perlombaan mulai dari kategori lomba lari karung, Panjat pinang, lomba paku botol, lomba makan kerupuk hingga pada joget balon. Lomba ini di koordinir oleh ketua panitia kegiatan, Muhammad Naim.

Kades Nurdin M, ditemui usai kegiatan mengatakan, perayaan 17 Agustus di desanya merupakan kali yang pertama dilakukan dimana kegiatan ini adalah merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para Pahlawan kita.

Kegiatan ini kata Kades Nurdin, terselenggara atas kerjasama Pemerintah Desa Kalukunangka serta masyarakatnya.” Jadi kegiatan ini terselenggaran atas kerjasama pemerintah desa dan masyarakat kami. Dan ini murni adalah inisiatif kami ,” ucapnya.

Bukan tidak mungkin perayaan 17 Agustus ditingkat desa yang dilakukan dilakukan kali ini kemungkinan besar belum pernah dilakukan di desa-desa lain yang ada di Kabupaten Matra ini.
(Ar/Agusriadi)

Paling kereennn..

Rakyatsulteng.com adalah media online milik PT. Media Sinergi Nusantara. Kehadirannya bukan hanya sekedar menyampaikan informasi sesuai dengan prinsip jurnalistik, lebih dari itu, berusaha membangun dan merawat kebersamaan untuk kehidupan yang lebih baik.
To Top
Shares