Daerah

Srikandi Desa Loru Rayakan HUT Proklamasi di Perbukitan

SIGI – Ratusan wanita di Desa Loru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah melaksanakan upacara HUT Proklamasi ke 72 tahun, Kamis (17/8/2017). Dengan menggunakan pakaian biasa, para wanita yang disebut srikandi Kabupaten Sigi ini mengibarkan bendera merah putih dari atas puncak bukit di desa itu.

Polisi masyarakat Desa Loru (Polmas) Rozalu mengatakan, kegiatan ini bekerjasama dengan babinsa, polmas dan pemuda setempat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk cinta tanah air dan menghargai jasa pahlawan yang telah memerdekakan bangsa Indonesia.

“Alhamdulilah wanita – wanita disini saling mengingatkan untuk HUT proklamasi dan gotong royong bagaimana membuat kegiatan. Kami hanya mensupport dan mereka yang melaksanakannya, ” kata Rozalu.

Dalam upacara bendera ini, tampak hadir sejumlah pemuda di Desa Loru dan tokoh  masyarakat. Dengan mengandalkan tiang bendera dari kayu, para srikandi ini khusyuk melaksanakan upacara bendera HUT Proklamasi.

Ketua DPW Garda Rajawali Perindo (GRIND) Sulteng Andri Gultom mengatakan, kegiatan ini menyadarkan bahwa jiwa nasionalisme ikut dirasakan oleh kaum wanita di pedesaan. Meski jauh dari hiruk pikuk politik, namun mereka mampu menjadi penggerak perubahan untuk Indonesia yang lebih baik.

Di HUT proklamasi ke 72 ini juga kata dia, lebih meriah dibanding dengan perayaaan tahun sebelumnya. Masyarakat lebih mendominasi perayaan ini dengan melaksanakan kegiatan sederhana.

” Virus-virus pemuda dari Desa Loru ini semoga menyebar ke penjuru daerah, agar semangat nasionalisme, jiwa sosial itu bisa meningkat dan bermanfaat bagi daerah, ” kata Andri Gultom.

Dia juga menjelaskan, pemuda Desa Loru bukan hanya kali ini melaksanakan kegiatan kemasyarakatan, melainkan beberapa kegiatan juga dilaksanakan, diantaranya adalah pembagian buku bagi pelajar di dusun Tompu belum lama ini.

“Saya melihat, 10 sampai 15 tahun kedepan, adalah era milenial. Era dimana kancah politik, ekonomi, budaya dan sosial dikuasai oleh anak muda. Inilah mula dimana eksistensi pemuda itu muncul, seperti terlihat dipedesaan, ini sangat luar biasa, ” jelasnya. (Rio)

Paling kereennn..

Rakyatsulteng.com adalah media online milik PT. Media Sinergi Nusantara. Kehadirannya bukan hanya sekedar menyampaikan informasi sesuai dengan prinsip jurnalistik, lebih dari itu, berusaha membangun dan merawat kebersamaan untuk kehidupan yang lebih baik.
To Top
Shares