HeadlineTERBARU

Stunting di Kecamatan Tomini Capai Angka 100

Sedikitnya angka stunting di wilayah Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong mencapai 116 orang.

Hal itu dimukakan Camat Tomini, Muktasim saat memberikan sambutan skaligus membuka kegiaatan Peningkatan Kapasitas Inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia, yang disponsori Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Tomini, di Desa Tingkulang, Senin, (9/9).

Dalam kesempatannya, Muktasim mengajak seluruh stakeholder untuk dapat bekerjasama dalam penanganan angka stunting yang berada diwilayah kepemerintahaannya.

“Karena menurut saya, penanggulangan bahaya stunting bukan hanya tanggung jawab dari dinas kesehatan, tapi kita semua”, unkapnya dihadapan pemerintah Desa se-Kecamatan Tomini.

Selepas kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu, Muktasim berharap Kader Pemberdaya Manusia (KPM) yang juga turut hadir, dapat memahami seluruh rangkaian materi yang diberikan oleh Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten.

Sehingga kata dia, segala kebutuhan sarana prasarana termasuk peralatan kesehatan yang dibutuhkan dapat diusulkan dalam musyawarah desa untuk diadakan dalam penganggaran Dana Desa Tahun 2020 mendatang.

Secara umum stunting merupakan gangguan pertumbuhan terhadap anak yang diakibatkan asupan gizi yang kurang, sanitasi juga lingkungan yang kotor. Atau dengan kata lain anak yang mengalami kekurangan gizi kronis.

Namun, stunting dapat dicegah pula sejak usia dalam kandungan hingga minimal usia dua Tahun dengan cara memeriksakan diri ke posyandu atau puskesmas terdekat. “Melewati usia Dua Tahun, stunting tidak dapat ditanggulangi”, cerah salah satu Tenaga Ahli P3MD, Abdul Wahid, skaligus pemateri Peningkatan Kapasitas Inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia

 

Penulis: Mohamad Zain

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close