HeadlinePEMILUTERBARU

Surat Suara Habis, Partai Perindo Minta PSU disejumlah TPS Kulawi

PALU – Partai Perindo Kabupaten Sigi melaporkan kecurangan Pemilu 2019 di Kabupaten Sigi yang terjadi secara terstruktur, sistematis dan masif ke Bawaslu. Mereka mendesak dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) di seluruh tempat pemungutan suara (TPS).

 

Ketua DPC Perindo Kecamatan Kulawi Fahmi mengaku menemukan bukti adanya kecurangan yang terjadi disejumlah TPS salah satunya adalah di Desa Doda,  Kulawi. Dugaan kecurangan itu diantaranya adanya kurangnya jumlah surat suara yang disediakan oleh KPPS yang seharusnya 63 orang,  yang disiapkan hanya 32 orang sudah termasuk dengan pemilih tambahan E-KTP 4 orang.

 

“Banyak masyarakat yang ingin memiluh tapi pengakuan dari KPPS surat suara sudah habis,  dan kami sangat dirugikan dengan sikap seperti ini, ” kata Fahmi kepada awak media,  Rabu (24/4/2019).

 

Dia menduga habisnya surat suara itu disengaja oleh KPPS agar tidak memberikan suara besar kepada Partai Perindo yang mendapatkan 25 suara.

 

“Sebenarnya bisa bertambah,  tapi karena ditekan akhirnya kami tidak mendapatkan suara siknifikan. Olehnya itu kami minta PSU kembali,  ” tegasnya.

 

Hal ini juga dibenarkan oleh Ketua RT  di Doda Simeon Guli.  Dia mengaku heran dengan habisnya surat suara,  sementara didalam DPT jumlahnya 68 orang warga wajib pilih.

 

“Kami saja disini heran,  padahal Perindo bisa dapat 90 persen suara disini,  ” katanya.

 

Selain di 68 pemilih,  sejumlah TPS lainnya yang memiliki ratusan pemilih basis Perindo di Kecamatan Kulawi,  Pipikoro,  Kulawi Selatan dan Lindu diduga juga dilakukan hal yang sama.  Hal inilah kemudian membuat Partai ini mendapat suara yang tidak siknifikan dalam Pemilu 2019.

 

“Kami minta Bawaslu menindaklanjuti laporan kami dengan harapan dilakukan PSU, ” ujarnya.

 

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close