Humaniora

Uhmmm, Lezatnya Kandea Tunu dari Sigi bikin Ngiler

PALU – Kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya. Di Sulteng, kuliner yang mulai melegenda dan menjadi perbincangan hangat masyarakat adalah kandea tunu atau nasi bakar dari Desa Pombewe, Kabupaten Sigi. Resep yang didapatkan oleh Gafur, pemuda desa setempat ini membuat para pelancong kuliner ngiler bahkan mencari hingga di kediamannya.

Salaf satunya adalah Ketua DPW Garda Rajawali Perindo (GRIND) Sulteng Andri Gultom. Bung AG sapaan akrabnya mengatakan, ia sudah mendengar nikmatnya kandea tunu ini dari kerabatnya di Kota Palu. Atas dasar itulah, Bung AG kemudian mencari kuliner tersebut.

Ketua GRIND Perindo Sulteng Andri Gultom saat menikmati kuliner kandea tunu bersama pemilik kandea tunu Gafur di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Foto : ist

“Dan ternyata yang buat ini sahabat saya, saya lama di Desa Pombewe jadi tidak asing lagi. Saya tadi makan dan sangat lezat, ” kata Bung AG kepada wartawan di Warkop Celebest, Kota Palu, Rabu (30/8).

Sepintas lanjutnya, kandea tunu yang dihidangkan terlihat biasa. Balutan daun pisang yang dibakar inipun tidak terlalu begitu menarik.

“Tapi ketika dimakan, ternyata sangat enak. Tadi saya makan habis, kalau teman – teman mau nanti saya bantu pesankan, sekalian promosi kuliner dari kampung, ” tambahnya.

Ditemui dikediamannya, Gafur mengatakan baru menjajakan kulinernya ini belum sampai 3 bulan. Ia yang baru menyelesaikan sekolah kuliner di Bali ini mengaku mendapat ide kandea tunu ini sendiri.

“Saya lihat unik dan memang sesuai selera lidah orang Palu, sukanya yang pedas. Saya coba buat, eh ternyata diminati, dan alhamdulilah banyak pembelinya, ” kata dia.

Untuk sementara, ia baru bisa melayani pesanan dalam bentuk pengiriman atau datang langsung ke rumahnya. Pelanggan terbanyak kata dia dari kalangan birokrasi dan karyawan. Untuk satu porsi kandea tunu yang diantar langsung Rp 15 ribu dan Rp 12 ribu untuk ambil langsung.

“Alhamdulilah setiap hari bisa 40 liter bikinnya pak, dan memang saya lebih mengedepankan rasa dan kualitas higenisnya, ” tambahnya.

Anda penasaran dengan rasanya? Ayooo pesan sekarang….

Campuran :

-Daun pisang
– Sambal pedas
-Ikan saos kandea tunu
– Kaun Kemangi
– tomat
– dan saos goreng kandea tunu

Most Popular

To Top
Shares