Humaniora

WAJIB BACA. Pendaftaran CPNS Dibuka Februari, Berikut Kriterianya

JAKARTA, rakyatsulteng.com – Menjadi pengabdi negara masih menjadi pekerjaan idaman bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tahun 2018 ini, Kementrian Menpan RB akan kembali membuka pendaftaran CPNS pada Februari 2018 ini.

Demikian keterangan yang disampaikan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB RI, Herman Suryatman.

“Para CPNS itu nantinya ditempatkan sesuai dengan latar belakang pendidikan,” katanya.

“Dengan begitu pelayanan publik semakin baik dan ini menjadi ciri khas CPNS yang nantinyan menjadi ASN kita,” tambahnya

Dikatakan, Kemenpan RB telah mengusulkan jumlah formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan dibuka di 2018. Tetapi kepastian jumlah formasi yang dibutuhkan, masih menunggu kajian kementerian keuangan dan Kemenpan RB. Dibukanya kembali penerimaan CPNS ini, untuk menutup formasi yang ditinggal PNS yang pensiun di tahun yang sama.

Berikut ini kriteria formasi CPNS 2018 yang dibutuhkan tahun ini.

1. Formasi yang Dibutuhkan Sesuai Rencana Strategis Setiap Daerah

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan ada beberapa kriteria formasi yang diizinkan dibuka penerimaan PNS.

“Pertama, tentu posisi yang sesuai dengan rencana strategis masing-masing instansi.”

“Lebih banyak untuk jabatan teknis yang memiliki kemampuan khusus.”

“Kalau untuk pejabat administrasi sekarang ini sudah cukup,” kata dia di Bogor, seperti dilansir dari Tribunnews.com.

2. Misal di Kalimantan Paling Banyak Dicari Pegawai yang Berkompeten di Bidang Tambang

Setiawan mencontohkan di wilayah Kalimantan sebagai wilayah penghasil tambang dan batu bara. Dari itu yang secara rencana strategis Kalimantan akan difokuskan ke tenaga di bidang tersebut.

3. Daerah Penghasil Komoditi Maka Lulusan Ini Paling Dibutuhkan

Demikian juga yang dicari untuk PNS 2018 untuk menunjang tenaga pemerintahan yang berhubungan dengan beragam komoditi.

Pegawai pemerintah daerah masih didominasi posisi di sektor pertanian dan tenaga administrasi sedangkan sektor tambang dan geologi tergolong sedikit.

4. Prediksi: 38 Ribu Lowongan CPNS untuk Pemerintah Pusat

Pemerintah daerah nantinya akan mengusulkan berbagai posisi yang dibutuhkan. Setelah usulan itu Kementerian PANRB akan melakukan verifikasi disesuaikan dengan rencana strategis di setiap daerah.

Verifikasi ini, Setiawan melanjutkan, akan diproses di Kementerian PANRB pada bulan Februari dan Maret.

Baru setelah itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai instansi untuk kapan bisa mulai membuka rekrutmen CPNS 2018.

Dipastikan dari 250 ribu posisi yang diusulkan pada 2018, sebanyak 38 ribu akan dibuka untuk pemerintah pusat. Sedangkan sisanya untuk pemerintah daerah. [***]

Sumber : Tribunnews.com

Paling kereennn..

Rakyatsulteng.com adalah media online milik PT. Media Sinergi Nusantara. Kehadirannya bukan hanya sekedar menyampaikan informasi sesuai dengan prinsip jurnalistik, lebih dari itu, berusaha membangun dan merawat kebersamaan untuk kehidupan yang lebih baik.
To Top
Shares