WALHI Sulteng Temukan 14 Ekscavator di Sekitar Lokasi PETI Buranga

  • Whatsapp

Palu, Rakyatsulteng – Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sulteng menemukan 14 excavator di sekitar lokasi pertambangan emas , Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong yang diduga melakukan kegiatan pertambangan.

Pihak WALHI, menduga bahwa pihak Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan  membiarkan kegiatan pertambangan illegal ini beroperasi.

Bacaan Lainnya

Staf kampanye WALHI Sulteng Khairul Syahputra Laadjim mengatakan, pihaknya melakukan investigasi dengan menurunkan pesawat tanpa awak (drone) disekitar lokasi insiden tertimbunnya penambang di lokasi tambang pada Kamis 25 Februari.

Dalam investigasi itu ditemukan sejumlah alat berat yang diduga milik pemodal besar, yakni 4 alat berat di lokasi pertambangan, yang sebelum kejadian dipergunakan untuk melakukan aktifitas penambangan.

Sementara tidak jauh dari lokasi penambangan sekitar 100 meter ke arah barat lokasi kejadian di kebun cengkeh milik warga juga ditemukan 5 unit excavator.

Dan sekitar 200 meter ke arah timur di bawah lokasi kejadian di dekat lokasi lubang pertama ditemukan 5 unit excavator yang diduga akan melakukan penambangan di lokasi yang baru.

“Berdasarkan kesaksian dari warga di sekitar lokasi, tiga bulan terakhir alat tersebut di mobilisasi untuk melakukan penggalian lubang tambang sebelum tragedi ini terjadi.

“Anehnya pasca kejadian longsor hanya terlihat 4 unit excavator yang nampak beroperasi di lubang tambang,” kata Khairul, Jumat 26 Februari.

Klik Gambar untuk Download Aplikasi Simpeljek di Google Play Store dan temukan Voucher Gratis Ongkir!!!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.